Kamis, 19 Januari 2017

Permintaan Penawaran Pasar dan Harga












           Permintaan, Penawaran, Pasar dan Harga
1. Permintaan
 jumlah barang yang ingin dibeli
oleh masyarakat tergantung dari kebutuhan masyarakat terhadap suatu barang.
Jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan berbagai tingkat
harga tertentu disebut dengan permintaan
 Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan antara lain :
a. Harga Barang
b. Pendapatan Masyarakat
c. Selera Masyarakat.
d. Kualitas Barang
e. Harga Barang Lain
f. Jumlah Penduduk
g. Ramalan Masa Depan
Hubungan antara berbagai harga dengan jumlah barang yang diminta dapat
digambarkan dalam suatu grafik yang disebut dengan kurva permintaan.
Kurva permintaan adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara
jumlah permintaan barang atau jasa dengan harga dalam berbagai kondisi.
Hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta dapat kita lihat
dalam suatu daftar di bawah ini dan selanjutnya kita buat dalam bentuk grafik.
no
Harga barang yang di minta
Jumlah barang yang di minta
1
Rp.500
10
2
Rp.1000
8
3
Rp.1.500.000
6
4
Rp.2.000.000
4
5
Rp.2.500.000
2

                 



Permintaan dapat dibedakan sebagai berikut.
a. Permintaan menurut daya beli konsumen antara lain:
1) Permintaan efektif yaitu permintaan yang didukung dengan kemampuan
    daya beli. Artinya permintaan ini berasal dari konsumen yang betulbetul
    memiliki kemampuan untuk membeli barang dan melakukan transaksi.
2) Permintaan potensial yaitu permintaan yang didukung dengan
    kemampuan daya beli, tetapi belum melakukan transaksi. Artinya
    permintaan ini masih berupa keinginan untuk membeli dan belum melaksanakan transaksi.
b. Permintaan menurut jumlah konsumen antara lain:
1) Permintaan individual yaitu permintaan dari masing-masing orang
terhadap suatu barang. Permintaan ini tergantung dari kemampuan
masing-masing orang.
2) Permintaan pasar yaitu permintaan yang dilakukan oleh masyarakat
pada umumnya. Permintaan ini dapat dihitung dengan menjumlahkan
permintaan masing-masing orang atau individu.


2. Penawaran
penawaran ialah kesediaan penjual untuk menjual
berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Definisi
penawaran hanyalah mencerminkan hubungan antara jumlah barang yang
ditawarkan dan tingkat harga.
Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan penawaran, antara
lain sebagai berikut.
a. Biaya Produksi.
b. Teknologi
c. Harapan Akan Mendapatkan Laba
d. Faktor-Faktor Nonekonomi
 Pengertian kurva penawaran adalah grafik yang menggambarkan
sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang
ditawarkan pada waktu tertentu dan tempat tertentu.
Hubungan antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan dapat kita lihat
dalam suatu daftar di bawah ini dan selanjutnya kita buat dalam bentuk grafik.
No
Harga barang yang di tawarkan
Jumlah barang yang di tawarkan
1
Rp.1000
4
2
Rp.2000
8
3
Rp.3000
12
4
Rp.4000
16
5
Rp.5000
20





3. Pasar
 pengertian yang paling sederhana, pasar merupakan tempat
bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli.Pada era
globalisasi saat ini transaksi tidak hanya terjadi di pasar akan tetapi dapat pula
melakukan transaksi melalui sms atau jual beli secara online. Oleh karena itu
pengertian pasar tidak terbatas pada tempat bertemunya penjual dan pembeli,
melainkan adanya transaksi jual beli barang dan jasa yang disepakati oleh
penjual dan pembeli. Dari uraian tersebut jelas bahwa pengertian pasar secara
luas merupakan sarana bertemunya penjual dan pembeli, baik secara langsung
maupun tidak langsung untuk melakukan jual beli atau proses terjadinya
interaksi antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan
jumlah barang atau jasa yang diperjualbelikan.
Ada unsur penting yang harus dipenuhi dalam membentuk suatu pasar,
antara lain; adanya barang yang diperjualbelikan walaupun hanya berupa
sampel ( contoh ), adanya penjual dan pembeli walau tidak bertemu langsung,
ada kesepakatan antara penjual dan pembeli, dan adanya media komunikasi
antara penjual dan pembeli. Pada mulanya pasar terbentuk dalam tingkat lokal,
seiring dengan perkembangan pertukaran barang yang semakin meningkat,
lambat laun pasar menjadi sangat luas. Pada masa lalu hanya pada tingkat
desa, kecamatan, kota/ kabupaten, propinsi, nasional, dan bahkan tingkat
internasional. Ini disebabkan oleh meningkatnya ilmu pengetahuan dan
teknologi, semakin beragam dan jumlah barang yang diperjualbelikan, serta
semakin majunya alat transportasi. Dengan diberlakukanya perdagangan
bebas antar negara di dunia ini maka barang komoditas semakin bertambah,
baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
Pasar memiliki fungsi, antara lain sebagai berikut:
a. Fungsi Distribusi
Fungsi distribusi pasar dimaksudkan untuk memperlancar distribusi
barang dari produsen ke konsumen.Melalui transaksi jual-beli
produsen dapat memasarkan barangnya baik secara langsung maupun
melalui perantara.Melalui pasar inilah konsumen dapat memperoleh
barang yang diinginkan secara mudah dan cepat.Lancarnya distribusi
barang dan jasa menunjukkan berfungsinya pasar secara baik.
b. Fungsi Pembentuk Harga
Fungsi pembentuk harga, pasar mewujudkan kesepakatan harga antara
penjual dan pembeli.Transaksi penjual dan pembeli pada mulanya
melakukan tawar-menawar dan akhirnya terjadi kesepakatan harga.
Tawar-menawar ini dilakukan agar terjadi kesepakatan harga antara
penjual dan pembeli.Pembeli biasanya membeli barang dengan
memperhitungkan manfaat atau kegunaan dari barang, sedangkan
pedagang biasanya memperhitungkan laba yang diinginkan.Hal inilah
yang menimbulkan perbedaan sehingga terjadi tawar- menawar harga.
Tawar-menawar harga biasanya terjadi di pasar tradisional
c. Fungsi Promosi
Promosi artinya memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat,
melalui fungsi ini pasar menjual barang sekaligus memperkenalkan
hasil produksinya kepada masyarakat.Barang dagangan biasanya di
pajang di tempat yang terlihat oleh konsumen. Dengan memajang
barang hasil produksi tersebut diharapkan dapat menarik minat
konsumen untuk membelinya. Fungsi promosi ini sangat menentukan
omzet penjualan apalagi ditunjang dengan kualitas barang bagus dan
harga murah.


Pasar banyak macamnya dan pada dasarnya pasar dapat dibedakan menurut
beberapa kriteria, antara lain sebagai berikut.
a. Macam Pasar Menurut Wujudnya
1) Pasar konkrit adalah pasar nyata atau pasar yang unsur-unsur pasarnya,
seperti penjual, pembeli, dan barang yang diperjualbelikan ada disitu.
Contoh dari pasar ini yaitu pasar yang setiap hari kita kunjungi
untukmembeli barang kebutuhan sehari-hari. Barang yang kita beli
dapat langsung kita lihat dan dipilih, sehingga tahu kualitas dari barang
tersebut. Selain itu antara penjual dan pembeli langsung melakukan
transaksi di pasar tersebut.
2) Pasar abstrak, yaitu pasar yang antara penjual dan pembeli dan barang
yang diperjualbelikan tidak dapat bertemu langsung di dalam pasar
akan tetapi transaksi dilaksanakan melalui alat komunikasi dan barang
yang diperjualbelikan sudah diketahui betul oleh pembeli. Seperti
kalau kalian ingin pesan Pizza hanya melalui telepon dan barang akan
diantarkan ke alamat kita.
b. Menurut Jenis Barang yang Diperdagangkan
1) Pasar barang konsumsi,yaitu pasar yang memperjualbelikan barangbarang
keperluan sehari-hari. Contoh, pasar ikan, pasar buah-buahan,
dan supermarket atau mall.
2) Pasar barang produksi,yaitu pasar yang menyediakan keperluan
faktor-faktor produksi. Contoh pasar ini antara lain ; pasar tenaga
kerja yang merupakan tempat tenaga kerja mencari lapangan
pekerjaan, dan pasar modal
c. Menurut Luas Jaringan Distribusi
1) Pasar setempat,yaitu pasar yang digunakan oleh masyarakat di
wilayah sekitar dan melibatkan penjual dan pembeli di sekitar daerah
tersebut. Bentuk dan jenis barang yang diperdagangkan sangat
dipengaruhi oleh lingkungan sosial budaya setempat. Seperi pasar
Klewer di Solo atau pasar Bringharjo di Yogjakarta yang menjual
batik hasil daerah tersebut. Penjual pada pasar ini memakai kain batik
untuk melestarikan budaya sehingga permintaan batik pada daerah
ini sangat banyak dan ini berbeda dengan permintaan batik di daerah
lain.
2) Pasar nasional,yaitu pasar yang cakupan pembelinya dalam wilayah
suatu negara. Penjual dan pembeli dari berbagai daerah di wilayah
negara tersebut. Produk yang dijual dibutuhkan oleh masyarakat
negara tersebut.
3) Pasar regional yaitu pasar yang daerah pemasarannya meliputi
beberapa negara yang berada dalam suatu kawasan. Pasar ini biasanya
dibawah suatu organisasi yang berada dalam wilayah kawasan
tersebut.
4) Pasar international yaitu pasar yang menyediakan komoditas barang
dagangan untuk rakyat seluruh dunia. Biasanya komoditi yang dijual
merupakan produk-produk yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat.
d. Menurut Waktu Penyelenggaraan
1) Pasar harian,yaitu pasar yang melakukan kegiatan setiap hari dan
menjual barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari. Contoh pasar
ini antara lain, pasar induk yang terdapat di sekitar daerah kalian.
2) Pasar mingguan yaitu pasar yang yang dilaksakan seminggu sekali.
Contoh pasar ini antara lain pasar hewan yang hanya buka seminggu
sekali.
3) Pasar bulanan yaitu pasar yang kegiatannya sebulan sekali. Pasar
ini dapat kita temukan di daerah industri atau kantor pos. Pasar ini
dibuka pada saat karyawan pabrik gajian atau pembayaran pensiunan
pegawai pos.
4) Pasar tahunan yaitu pasar yang diadakan setahun sekali. Pasar ini
bersifat nasional maupun internasional. Penyelenggaraan pasar ini
sebagai ajang promosi untuk produk-produk tertentu ataupun produk
baru. Contohnya antara lain : PRJ (Pekan Raya Jakarta), dan Pasar
malam sekatenan di solo.
e. Menurut Organisasi/Strukturnya
1) Pasar persaingan sempurna, yaitu pasar di dalamnya banyak terdapat
penjual dan pembeli yang sama-sama telah mengetahui siatuasi pasar.
Barang yang diperjualbelikan homogen (sejenis), penjual dan pembeli
tidak bebas menentukan harga karena harga ditentukan oleh kekuatan
pasar. Contoh pasar ini antara lain, pasar sayur-mayur, pasar buahbuahan,
dan pasar tekstil di Tanah Abang.
2) Pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar penjual dan pembeli
memiliki kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang
yang diperjualbelikan. Dalam pasar ini penjual dan pembeli dapat
mempengaruhi harga.
4. Harga
Harga ialah nilai tukar suatu barang yang dinyatakan dengan uang. Dalam
ilmu ekonomi yang dimaksudkan dengan harga pasar ialah harga yang
disepakati pihak penjual dan pembeli, dan pada harga ini barang yang diminta
sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Harga pasar dapat disebut juga
sebagai harga keseimbangan, karena pada harga tersebut ada keseimbangan
antara jumlah barang yang ditawarkan dan jumlah barang yang diminta
seimbang.
Terbentuknya harga pasar ini melalui proses tawar-menawar terlebih dahulu
antara penjual dan pembeli. Harga pasar ini terjadi setelah adanya kesepakatan
harga antara penjual dan pembeli.                                  
                






 
   




                    
          

4 komentar:

  1. Makasih pak herman maaf masih pemula mksh sdh mau berkunjung di blog saya

    BalasHapus
  2. Makasih ya info ya saya jadi tambah semangat belajar IPS. Semua tambah maju ya IPS CLUB

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum, Terimakasih info ya sangat membantu saya untuk lebih semangat belajar IPS. Terimakasih

    BalasHapus